search

Cara Cepat Hamil: Manfaat Folic Acid Untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Sunday, May 11, 2014



Berbagai cara untuk cepat hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen Folic Acid. Suplemen ini juga dikenal dengan istilah Folate atau Folacin. Dalam bahasa Indonesia dikenal Asam Folat. Asam Folat ini persisnya bukan penyubur, tapi suplemen dengan kadar vitamin tertentu dan menurut medis bisa membantu meningkatkan peluang untuk cepat hamil. 

Sebenarnya apa manfaat Folic Acid untuk masalah kesuburan ini?"
Kandungan Folic Acid terdiri dari vitamin B6. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan baik untuk istri maupun suami.
Manfaat Folic Acid Untuk Istri
Kandungan vitamin B6 dalam Folic Acid membantu pihak istri meningkatkan peluang hamil dengan memperkuat sel telur.
Banyak kasus merebak terjadi di masyarakat. Ketika hasil konsultasi dengan dokter ahli kandungan. Bahwa pasangan tersebut dinyatakan sehat. Namun mengapa tak kunjung juga berhasil dalam menjalankan program hamil. Dalam  hal ini biasanya faktor kualitas sel telur sangat berpengaruh.
Folic Acid juga memiliki satu keunggulan yang spesial sekali. Yaitu tidak cuma meningkatkan peluang hamil, tapi juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil untuk mencegah cacat bayi.
Manfaat Folic Acid Untuk Suami
Sebuah hasil studi penelitian yang dilakukan oleh Nijmegan, Belanda pada bulan Maret 2002. Hasilnya menunjukkan bahwa fakta pria yang mengonsumsi Folic Acid berhasil meningkatkan volume sperma hingga 74%.
Dengan meningkatnya volume sperma, tentunya otomatis peluang hamil meningkat.
"Tapi apakah cuma kuantitas saja? Bagaimana dengan kualitas sperma?"
Tidak hanya volume/kuantitas sperma saja. Masih berdasarkan penelitian yang sama, para peneliti menemukan fakta bahwa Folic Acid mampu meningkatkan kualitas sperma dengan cara menurunkan jumlah sperma yang tidak normal sampai berjumlah sekitar 4% saja.
"Mengapa kualitas sperma begitu penting?"
Kualitas sperma sangat penting untuk proses pembuahan sel telur. Sperma yang kualitasnya buruk akan sulit membuahi sel telur. Walaupun sperma tersebut bisa membuahi, dikhawatirkan bisa menyebabkan cacat bayi dan penyakit lain pada bayi seperti Down Syndrome.
Kandungan Folic Acid bisa Anda dapatkan lewat beberapa jenis makanan. Jenis-jenis makanan apa sajakah yang kaya akan kandungan Folic Acid? Banyak sekali. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung Asam Folat diantaranya pisang, alpukat, bayam, brokoli, kentang, jeruk, pepaya, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara Asam Folat yang berasal dari sumber lainnya seperti hati ayam, hati sapi, dan sereal. (Baca:Tips dan Trik Hamil dari Ahlinya)
"Apakah asupan Folic Acid dari makanan sudah cukup?"
Bila Anda benar-benar konsisten untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Folic Acid selama berbulan-bulan dan bisa memastikan bahwa jumlah Folic Acid yang Anda makan sudah mencukupi, maka Anda bisa menunda mengkonsumsi suplemen Folic Acid.
Tapi kenyataannya tidak demikan. Seringkali pasangan suami istri tidak punya banyak waktu untuk mengatur menu makanan setiap harinya. Belum lagi untuk suami istri yang sibuk bekerja, lebih sering makan di luar. Bila Anda berada dalam situasi yang tidak memungkinkan seperti ini, maka Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen Folic Acid.
Bahkan untuk vegetarian, supplemen Folic Acid sangat disarankan karena seringkali asupan Folic Acid yang didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan tidak mencukupi kebutuhan tubuh.
Folic Acid perlu Anda konsumsi tidak hanya untuk meningkatkan peluang hamil, tetapi juga untuk mempersiapkan bayi yang sehat dalam proses kehamilan Anda nanti. Untuk mendapat tips lengkap dari pakarnya. (Baca: Cara Cepat Hamil: Hindari Minuman Ini)
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman ya...:)

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Follow by email! GRATIS koq

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

My Tweep